Selasa, 07 Juli 2009

Menara Pisa


Menara Pisa merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia didirikan pada tahun 1173 di kota pisa, Italia, karena saya seorang mahasiswa jurusan T.sipil maka wajar dong saya bahas ini, udah back to topik. menara pisa atau Torre di pisa, dulunya adalah menara lonceng katedral, dengan perencanaan sebelumnya dengan posisi vertikal namun pada saat setelah dibangun menara ini miring dengan sendirinya.

ketinggian menara pisa adalah 55,86m diatas permukanaa tanah terendah dengan berat 14.500 ton, lebar bagian bawahnya 4.09m dan lebar bagian atas 2.48m, mungkin saat orang yang pertama kali lihat pertama kali bangunan ini akan bertanya kenapa bangunan/menara ini miring? menara ini miring disebabkan oleh tidak kuatnya struktus tanah dibawah pondasi memikul beban tetap 14.500ton tadi.

banyak sekali engginer-engginer yang ahli dibidangnya menerapkan beberapa alternatif penanganan agar menara ini terjaga kemiringannya salah satunya menambah pemberat pada sisi utara agar dapat menyimbangkan kemiringannya,namun tidak mendapat dukungan dari masyarakat setempat. Berbagai cara di lakukan lagi oleh para ahli antara lain dengan membuat gelang beton disekitar Menara yaitu dengan memasang 10 beton dengan kedalaman 50 feet ke tanah serta pernah juga dilakukan dengan cara membekukan tanah dengan Liquid Nitrogen. Cara lain nya adalah dengan cara menambahkan tanah pada bagian miring pondasi Menara Pisa itu yang dikenal dengan cara “ekstraksi tanah” dan cara ini relatif berhasil karena mampu mengembalikan posisi stabil pada saat tahun 1838 (kemiringan 18 inches atau 45 cm).

sumber:http://achtungpanzer.blogspot.com/2009/04/menara-miring-pisa.html

1 komentar:

  1. Kegagalan teknis bangunan yg menjadi keajaiban...emang manusia pinter bkn sulapan...hahaha

    BalasHapus