Sabtu, 04 Juli 2009

Waktu


"Demi masa, sesungguhnya manusua itu benar - benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang berimandan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati pada yang benar dan nasehat menasehati untuk bersabar (103:1-3)" begitulah sumpah Allah terhadap waktu. begitu berarti bukan?. mari kita lihat lagi dikehidupan sehari - sehari kita. sudahkah kita menggunakan waktu itu dengan sebaik - baiknya? banyak sekali orang yang disibukan oleh waktu. tampa disadari waktu itu terbuang dengan sia-sia.

mungkin anda tidak percaya tentang berbahayanya waktu itu. baik saya akan contohkan dengan sebuah pengalaman seseorang. suatu waktu fulan mendapatkan job dan diberi dead line selama sebulan, pada saat itu fulan dengan giatnya mengerjakan job itu hingga tidak tahu waktu sholat, tapi tidak tahu ada kekuatan dari mana hingga pikiran fulan itu seolah buntu padahal yang fulan kerjakan ini keahlian satu-satunya yang bisa diharapkan nanti dimasa depan.

pekerjaan yang seharusnya selesai kurang dari sebulan tidak tahu mengapa selesai hingga waktu satu bulan lebih. hingga diomeli oleh owner. tapi allhamdulillah pekerjaan itu selesai walaupun terlambat. setelah saya selidiki dan baca - baca beberapa buku disitu tertulis adanya ketidakseimbangan antara dunia dan akhirat , nah disini saya bisa menarik kesimpulan bahwa waktu yang diberikan oleh Allah memang harus kita pelihara dan juga harus seimbang.

mari kita contoh nabi kita Muhammad saw, rasulullah berparang sebanyak 80 kali dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun. kalo dihitung - hitung beliau ikut perang 3 bulan sekali, tapi beliau masih bisa mendidik keluarga, menyantuni anak - anak yatim, menunaikan ibadah wajib maupun sunah, berdakwah dan banyak sekali prestasi yang dimiliki oleh rasul pada saat itu.inilah yang disebut memelihara waktu dan keseimbangan waktu. dimana dunia terpenuhi akhirat pun ikut dijaga didalamnya. bila kita balik lagi kerealita banyak sekali orang mengeluh terhadap Allah. padahal waktu yang diberikan kepada nabi muhammad sama dengan waktu sekarang. dmana 1 hari 24 jam, 24 jam 60 menit, 60 menit 60 detik. dimana 1 hari itu ada pagi, siang, sore, malam sama saja bukan? apa lagi yang kita eluhkan? tinta pena telah habis dan lembar - lembar pun telah mengering. maka kita sebagai umat muslim gunakanlah waktu sebaik - baiknya karena waktu itu tak pernah bisa diulang.

ada tiga hal yang tidak bisa dikembalikan yaitu:
1. kata yang telah terucap
2.waktu itu sendiri
3.kesempatan yang telah dibuang sia-sia

waktu kita hidup didunia ini mulai dari kita lahir sampai meninggal dunia adalah kesempatan yang diberikan oleh Allah untuk kita beriman kepada Allah. seperti firman Allah adz dzariat ayat 56 "tidak kuciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku"ayat ini menjelaskan bahwa kita berada didunia ini untuk beribadah kepadanya. dan Allah pun lebih menyukai ibadah yang kecil namun rutin. dibandingkan dengan ibadah yang besar namun tidak kontinu. disini mengatur waktu sangatlah penting, agar kesempatan itu tidak hilang begitu saja maka. yaitu kesempatan yang diberikan oleh Allah dan hanya dibelikan sekali saja.

kita memang manusia biasa yang mempunyai banyak cela kekurangan, kelamahan,keterbatasan, namun mulai sekarang ubah pola pikir anda tidak usah menyalakan siapa - siapa. mari maju angkat senjata beperang melawan kuatnya arus kehidupan. bukan hanya diam menunggu durian jatuh. tampa usaha kita tidak bakal bisa merubah kehidupan kita. dan untuk sukses kita perlu pengorbanan. tidak ada sukses yang tidak memerlukan pengorbanan, entah itu materi, waktu untuk besenang - senang dan berhentilah mendengar kata - kata orang yang membuat diri kita bisa down dalam melakukan perjuangan kita, bertemanlah dengan orang yang optimis, buatlah planing kehidupan anda kelak, anda akan seperti apa nantinya dinilai oleh orang lain bila anda sudah tidak didunia lagi. ingin mulia, sukses, berhasil menatap hidup, pahlawan, atau malah sebaliknya?. semua itu pilihan anda, andalah yang menanam maka anda lah yang akan menuai hasilnya. sekian dulu dari saya TETAP SEMANGAT ^^v

0 komentar:

Posting Komentar